Iklan

Iklan

Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam Bilang : Bone Zona Hitam Stuntingnya, Harus Bermitra Dengan Kampus

17 Februari 2019, 5:40 PM WIB Last Updated 2019-02-17T09:40:43Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten/kota yang masuk Zona Hitam (melewati prevalensi Zona Merah) Stuntingnya.

Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Hal itu pula yang membuat Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM, M. kes, M. Med. Ed, menyarankan bahwa Kabupaten Bone sudah seharusnya bermitra dengan kampus. Sebagaimana yang diungkapkan di Rakyatsatu.com, Minggu (17/02/2019).

Menurutnya, sebagai kabupaten yang memiliki penduduk yang banyak, tentu suatu potensi yang sangat luar biasa, tetapi sekaligus sebagai tantangan yang bisa mereduksi potensi besar tersebut.

Untuk bisa tetap eksis dan memberi kesejahteraan bagi masyarakatnya, maka dibutuhkan kepemimpinan yang kuat yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu kendala di bidang kesehatan yang dihadapi oleh pemerintah termasuk Kabupaten Bone adalah masih dianggapnya bidang kesehatan sebagai beban pembangunan.

Padahal secara substansi, kesehatan adalah sebuah investitasi jangka panjang. Jika pemerintah memberi perhatian khusus pada aspek kesehatan maka sesungguhnya yg dibangun adalah masa depan Kabupaten Bone.

Anggaran kesehatan di bidang promotif-preventif yang dialokasikan setiap tahunnya, merupakan cermin pemihakan pemerintah terhadap masa depan SDM Kabupaten Bone.

Besaran anggaran untuk sektor kesehatan selama ini sekitar 80 persen masih dialokasikan untuk kepentingan kuratif-rehabilitatif, termasuk didalamnya pembangunan rumah sakit dan alat kesehatan yang padat modal.

"Untuk ke depan, Pemda Kabupaten Bone perlu bermitra dengan pihak kampus sehingga banyak orang yang membantu berfikir untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Bone," ujarnya.

Seperti yang sekarang ini, FKM sudah bermitra dengan Kabupaten Enrekang untuk menanggulangi stunting. Karena  Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Bone termasuk zona hitam. Zona hitam lebih tinggi prevalensi stuntingnya daripada zona merah. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam Bilang : Bone Zona Hitam Stuntingnya, Harus Bermitra Dengan Kampus
  • 0

Terkini

Iklan