Iklan

Iklan

Ternyata Begini Awal Mula Proses Maccera Tappareng

15 Juli 2018, 5:47 PM WIB Last Updated 2018-07-15T10:05:00Z
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Bersyukur atas rezki yang berlimpah yang berikan Allah, Masyarakat Nelayan Kelurahan Limpomajang, Kecamatan Marioriawa menggelar Maccera Tappareng, Minggu (15/7).

 Acara Maccera Tappareng yang digelar merupakan acara adat yang telah dilaksanakan sejak ratusan tahun yang silam, namun sebelum melakukan Acara Maccera Tapparen terlebih dahulu dilaksanakan Acara Madduppa wae dengan sesajen sokko Patamrumpa dan pisang raja (ketan empat macam) yang di lakukan oleh Matoa Pakkaja atau Sandro Wanua.

"Acara Madduppa wae merupakan tahap awal sebelum melaksanakan Maccera Tappareng,"kata Matoa Pakkaja  Wak Mude,

Dirinya menjelaskan, setelah acara Madduppa wae di gelar semua Nelayan berembuk kapan di laksanakan acara maccera tappareng 

" Nelayan akan meremukkan kapan waktu yang baik untuk melaksanakan Maccera Tappareng, dan akan dilaksanakan jika semua sudah sepakat,"kata Matoa Pakkaja.

Untuk diketahui, sebelum sesajen sokko Patamrumpa (ketan empat macam) di bawah ke Tenga danau, terlebih dahulu Matoa Pakkaja di dampingi oleh Pajaga melakukan ritual dirumah salah satu nelayan dengan memukul gendang selanjutnya Semua sesajen di bawah ke tengah danau.

"Setelah sampai di tengah danau Matoa Pakkaja melakukan acara Massorong yang di dampingi oleh Pajaga,"katanya 


"Setelah semua dana terkumpul maka acara Maccera Tapparen digelar dengan menyembelih Kerbau selanjutnya di laksanakan Acara Balap Perahu tradisional,"sambung  Wak Mude (ono)
Komentar

Tampilkan

  • Ternyata Begini Awal Mula Proses Maccera Tappareng
  • 0

Terkini

Iklan