loading...

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Akan Menyaksikan Gerhana Bulan Total, Termasuk Toraja,Ini Jadwalnya

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Akan Menyaksikan Gerhana Bulan Total, Termasuk Toraja,Ini Jadwalnya
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Gerhana bulan total kembali akan terjadi dan dapat disaksikan oleh sebagian wilayah di Indonesia, Sabtu (14/7).

Sebagai salah satu tupoksi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah, memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi Gerhana Bulan Total pada tanggal 28 Juli 2018.

"Kami akan memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi Gerhana Bulan Total pada tanggal 28 Juli 2018," kata Kepala BMKG, Agung.

Fase-fase pada Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 ini pun, dapat dilihat dari awal gerhana hingga fase gerhana sebagian
(setelah totalitas) berlangsung pada wilayah Maluku, Maluku
Utara, NTT bagian Timur, semua provinsi di Sulawesi kecuali sebagian kecil di Sulawesi Selatan.

Wilayah Toraja pun akan ikut menjadi saksi Gerhana Bulan Total tersebut, saat cuaca mendukung, yang puncaknya berlangsung pada pukul 04.27 WITA, yakni saat bulan mulai terbenam.

Prakiraan curah hujan bulan Juli di Tana Toraja memasuki musim kemarau ditandai dengan warna coklat muda dan tua, menunjukkan curah hujannya sebagian besar masih ada dan sebagian sudah rendah di bulan Juli.

"Kemungkinan  cuaca lebih bagus disaat gerhana. Untuk titik terbaik melihat gerhana, dapat dilakukan pada ketinggian tertentu, salah satunya di lokasi Objek Wisata Burake," ujar Kepala BMKG, Agung.

Mengingat durasi waktu Gerhana Bulan Total yang akan berlangsung lebih lama dari biasanya ini, menjadi kesempatan langka yang sayang untuk dilewatkan. (Kris)




loading...
close
Rakyatsatu