loading...

Ini Upaya Polantas Polres Bone Antisipasi Bali dan Jaga Kenyamanan Ibadah di Bulan Ramadhan

Ini Upaya Polantas Polres Bone Antisipasi Bali dan Jaga Kenyamanan Ibadah di Bulan Ramadhan
RAKYATSATU.COM, BONE - Menjelang bulan Ramadhan tahun 2018 ini, Polantas Polres Bone sudah memiliki agenda tersendiri dalam mengantisipasi balapan liar (bali) dan menjaga kenyamanan pelaksanaan ibadah, khususnya shalat tarweh serta menekan atau meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Bone.

Kasat Lantas Polres Bone, AKP Muh Yusuf saat ditemui Rakyatsatu.com, mengatakan, ada beberapa agenda yang sudah disiapkan menjelang, saat, dan pasca Ramadhan guna menekan angka pelanggaran dan meminimalisir laka lantas serta memberi kenyamanan penggunan jalan dan pada saat pelaksanaan shalat tarweh.

"Kita akan menyebar anggota di setiap titik yang sering digunakan bali serta akan memberi sanksi bagi pengendara motor yang menggunakan knalpot racing, karena itu dapat mengganggu ibadah shalat tarweh," tegas AKP Muh Yusuf.

Ia juga menjelaskan, pada saat dilaksanakan operasi, bagi pengendara dan kendaraannya tidak lengkap maka akan diberikan tindakan peringatan dan pendidikan berlalu lintas atau tidak langsung ditindak, tetapi bagi yang menggunakan knalpot racing maka langsung ditindak dengan cara motornya diamankan dan nanti diberikan pasca lebaran Idul Fitri.

"Kalau cuma kelengkapan pengendara dan kendaraan ditolerir dengan diberikan pembinaan dan peringatan tetapi bagi kendaraan yang menggunakan knalpol racing langsung kita tindaki dan motornya kita amankan, sebab bunyinya dapat mengganggu pelaksanaan ibadah puasa, terlebih saat pelaksanaan shalat tarweh," tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kanit Turjawali Polantas Polres Bone, Iptu Dodie. Bahkan menurutnya, operasi atau razia bagi pengendara/pengguna jalan raya serta kendaraannya akan terus berlanjut dan operasi nantinya ada delapan orang di setiap titik, empat orang pakaian dinas dan empat orang pakaian preman.

"Setelah Operasi Patuh berakhir, tentu akan lanjut dengan Operasi Ketupat yang dilaksanakan H-7 dan H+7 Idul Fitri, serta operasi/razia lainnya untuk mengantipasi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya kepada pengguna jalan dan bali," tegasnya.  (Rasul)
loading...