loading...

Berubuka Puasa Jangan Sembarangan, Ini Tips Sehatnya

Berubuka Puasa Jangan Sembarangan, Ini Tips Sehatnya
RAKYATSATU.COM - Di Bulan Suci Ramadhan, tentu banyak penjual menjajakan makanan untuk berbuka puasa. Nah, melalu Ramadhan ini, kita mendapatkan kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan yang baik dan teratur, sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang baik.

Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam, tentu tubuh kekurangan nutrisi. Namun, penyakit seperti maag, lemas dan pusing bisa datang kapan saja. Nah berikut tips sehat saat berbuka puasa.

Saat berbuka, mulailah mengkonsumsi air dahulu, baik mineral jus ataupun susu. Hal itu untuk untuk menghindari dehidrasi. Jadi kalian cukup minum air 1 atau 2 gelas sebelum makan.

Setelah minum, cobala untuk mengkonsumsi buah seperti Kurma dan pisang. Karena buah bisa menyongkong tubuh dengan energi yang kita butuhkan. Sebab memiliki kadar gula yang dibutuhkan tubuh.

Tips ketiga, kalian bisa memilih makanan sayuran sebab bisa memenuhi nutrisi untuk tubuh. Lalu dilanjutkan dengan makanan yang berkarbohidrat baik, seperti beras merah, roti dan kentang. Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan disamping serat dan mineralnya.

Tips kelima, pilihah makanan berprotein tanpa lemak. Sebab protien membantu membangun dan mempertahankan massa otot.

Tips keenam, hindari makanan tinggi lemak, garam dan gula. Dan yang terakhir adalah, jangan terburu- buru menghabiskan makanan kalian. Sebab bisa membuat pernceranaan dan masalah lambung lainnya terganggu. (**)
loading...
close
Rakyatsatu