loading...

Sinjai Ikut Serta Pameran Prestaso Pembangunan Pertanian

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Kabupaten Sinjai berpartisipasi pada Pameran Prestasi Pembangunan Pertanian Sulawesi Selatan 10 tahun terakhir yang berlangsung, di Celebes Convention Center Makassar, Selasa (03/04).

Pameran ini akan berlangsung hingga 5 April mendatang yang diikuti oleh sekitar 30 stand yang memamerkan produk unggulan pertanian, perkebunan dan perikanan kab/kota masing- masing.

Pameran ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan, DR.H.Ruslan Abu,SH,MH.

Dalam sambutan Gubernur yang ia bacakan, ia menyampaikan bahwa pertanian bagi Sulsel merupakan hal yang sangat urgen dimana dominan masyarakat masih menggantungkan harapannya pada sektor ini dan bertani, membudidaya ikan atau beternak sudah merupakan budaya.Selain karena Sulsel memiliki karakteristik tipe iklim yang berbeda dengan provinsi lain.

"Dalam struktur pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Sulsel, Pertanian masih merupakan kontributor terbesar dari 9 komponen PDRB yaitu sebesar 23,90%.Sejak tahun 2008 kita  telah melakukan akselerasi peningkatan produksi 5 (lima) komoditas prioritas/unggulan yaitu Padi, Jagung, Kakao, Udang dan Sapi",jelasnya.

Ia menambahkan bahwa upaya yang telah dilakukan tidak lai  dalam rangka meningkatkan derajat hidup masyarakat  Sulsel, mempertahanakn predikat Sulsel  sebagai provinsi penyelamat pangan nasional dan bagi masyarakat Sulsel yang bergerak di bidang pertanian tetap berkomitmen dalam meningkatkan surplus beras 2,66 juta yang telah dicapai tahun 2017 dan Insha Allah akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Acara ini dihadiri oleh Anggota Forkopimda atau yang mewakili, para Bupati/Walikota atau yang mewakili, para kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Sulsel. Dihadiri pula oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sinjai, A Mustaking serta Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai, Ir Hj Marwatiah. (Asdar).
loading...