loading...

Hati-hati! Narkoba menjadi Pintu Awal Menuju HIV/AIDS dan Penyakit Kelamin

Hati-hati! Narkoba menjadi Pintu Awal Menuju HIV/AIDS dan Penyakit Kelamin
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Toraja bebas Narkoba merupakan program yang selalu disuarakan oleh BNN Tana Toraja, salah satunya lewat berbagai sosialisasi.

Namun, bagaimana jika ternyata narkoba ini menjadi pintu awal menuju penyakit HIV/AIDS dan penyakit kelamin?.

Dalam sosialisasi program rehabilitasi dan pascarehabilitasi yang digelar BNN Tana Toraja di gedung Astrini, Makale, Rabu (14/03), dr Remen Talla'bi' mengatakan, bahwa inilah kenyataan yang menjadi tantangan BNN dalam proses rehabilitasi pengguna narkoba. 

Menurutnya, dalam pemeriksaan memang lebih banyak didapatkan kasus seperti ini, karena saat pengguna memakai narkoba jenis apapun itu, pengguna ada dibawah pengaruh obat sehingga salah satu efek sampingnya adalah keinginan seks yang sangat tinggi akan dialami pengguna. 

Kasi rehabilitasi BNN Tana Toraja, Abdul Hafib mengatakan, bahwa inilah fungsi yang ingin dicapai oleh bidang rehabilitasi untuk pengobatan dan perawatan pecandu narkoba agar pengguna dapat sembuh dari kecanduannya.

"Sesuai aturan dalam UU no. 35 tahun 2009 pasal 54 yang mewajibkan pengguna narkoba untuk menjalani rehabilitasi, maka diperlukan sinergi untu selamatkan generasi bangsa dari jeratan narkoba melalui senjata rehabilitasi," jelasnya.

BNN Tana Toraja pun telah bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit, untuk menangani secara tuntas apabila ada pengguna yang juga mengidap penyakit bawaan seperti penyakit HIV/AIDS dan penyakit kelamin. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu