loading...

Hari Dongeng Sedunia, Yariana : Orangtua Harus Luangkan Waktu untuk Mendongeng

Hari Dongeng Sedunia, Yariana : Orangtua Harus Luangkan Waktu untuk Mendongeng
anggota DPRD Tana Toraja, Yariana Somalinggi
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Peringatan Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, memberi makna tersendiri bagi seorang Ibu dan juga anggota DPRD Tana Toraja, Yariana Somalinggi, Selasa (20/03).

Menurutnya dengan mendongeng maka akan melatih kecerdasan akal anak. Ditambah dengan pengalaman yang dirinya alami sendiri saat masih kecil dulu, orangtuanya selalu mendongeng dengan cerita- cerita nenek leluluhur Toraja yang penuh keberanian melawan penjajah. 

"Waktu kecil saya sering dibacakan dongeng tentang leluhur Toraja, melalui itu saya bisa mengetahui sejarah Toraja secara singkat," katanya. 

Hal inipun ditanamkan juga kepada anak-anaknya. Cerita si Kancil dan Buaya, menjadi dongeng yang paling disukai anaknya. Bahkan dengan antusias selalu mengajukan pertanyaan untuk lebih tentang dongeng tersebut.

Sebagai seorang yang sebelumnya juga dikenal sebagai Bunda PAUD, Yariana mengatakan bahwa dengan mendongeng, kecerdasan anak akan terlatih untuk berpikir. 

Perkembangan zaman saat ini, membuat dirinya ikut prihatin, dimana lebih banyak orangtua sudah tidak mendongengkan anaknya.

"Sesibuk- sibuknya orangtua, harus tetap meluangkan waktu membaca dongeng untuk anaknya," jelasnya

Di hari dongeng ini, Yariana berharap para orangtua menyadari akan pentingnya budaya membaca dongeng bagi anak. (San/ Kris)
loading...