loading...

Gua Sullukan Sangalla', Objek Wisata yang Memacu Andrenalin, Berani Coba...??

Gua Sullukan Sangalla', Objek Wisata yang Memacu Andrenalin, Berani Coba...??

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA -  Muncul lagi objek wisata alam baru di Toraja dengan sajian yang tak habis untuk dinikmati. Wisata alam yang sebelumnya tak digubris warga ini, sangat layak untuk dikunjungi. 

Dikenal nama Gua Sullukan yang terletak di Makula', Lembang Tokesan Sangalla Selatan, memiliki daya tarik yang luar biasa dan memacu andrenalin saat menelusurinya. 

Dialiri mata air dari gunung Kaero, Gua besar ini memiliki panjang 1Km, yang tembus ke persawahan warga, pengunjung ditantang melewati gelap dan pekatnya suhu Gua, sehingga sangat dibutuhkan penerangan yang besar, saat ingin menelusuri Gua Sullukan.

Dipadati bebatuan besar yang licin, ditambah aliran air yang deras, sehingga sepantasnya pengunjung menggunakan alas kaki yang tidak licin.

"Wisatanya menarik, penuh tantangan. Pengunjung harus hati- hati jika kesini butuh tenaga ekstra," kata salah satu pengunjung Krisnawati, Sabtu (31/03)

Hal menarik lainnya, diatas gua ini merupakan persawahan warga yang sejak zaman leluhur hingga sekarang, terus terjaga dengan baik. 

Di dalam gua inipun, oleh leluhur suku Toraja dijadikan sebagai kuburan sehingga didalamnya terdapat erong yang merupakan peti mati yang berisi tulang leluhur yang berumur jutaan tahun. 

Dengan kondisinya yang ekstrim, diharapkan agar pengunjung melapor kepada warga sekitar atau pemerintah setempat sebelum memasuki Gua Sullukan ini. 

Kepala Lembang/Desa Tokesan Yulius Tangyong, mengatakan sudah sering mengusulkan lokasi ini sebagai salah satu objek yang patut dilirik oleh Dinas Parawisata Tana Toraja. 

"Kita sudah sering usulkan lokasi ini untuk dijadikan tempat wisata, tapi belum di respon dari Pemkab," ujarnya.
loading...
close
Rakyatsatu