Di Ketinggian 24 00 mdpl, Anak Muda Promosikan Sarung Toraja

Di Ketinggian 24 00 mdpl, Anak Muda Promosikan Sarung Toraja
RAKYATSATU.COM, - Budaya dan adat suku Toraja yang semakin popular, menjadi kebanggaan tersediri bagi masyarakat Toraja. Berbagai ornamen khas Toraja pun banyak diminati oleh pengunjung bahkan dengan bangga menjadikannya oleh-oleh ke daerahnya masing-masing.

Kali ini kebanggaan Toraja berada di ketinggian 24 00 mdpl yang bertempat di Ranu Kumbolo yang merupakan danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sekelompok anak muda yang terhimpun dalam mahasiswa pecinta alam ini, dengan kompak memakai sarung Toraja lengkap dengan Beke' (ikat kepala) tenun Toraja.

Daeng Dearupa, yang akrab disapa Gondrong, mengatakan bahwa berawal saat mereka bangun pagi dengan suhu yang sangat dingin, ternyata secara tidak sengaja mereka kompak memakai sarung Toraja.

" Secara tidak sengaja kita menggunakan sarung khas toraja, Jadi kita abadikan lewat foto dengan dilengkapi ikat kepala khas tenun Toraja,  sambil promosikan kalo kita dari Sulawesi walaupun bukan suku Toraja," ujar Daeng Dearupa

Ranu Kumbolo sendiri menjadi salah satu wisata yang menarik, karena berada di jalur yang dilewati saat akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru dan masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).