Iklan

Iklan

ORARI Daerah Sulsel Dampingi Pramuka STAIN Bone di Giat JOTA 2017

22 Oktober 2017, 12:28 PM WIB Last Updated 2017-10-23T04:28:53Z

Anggota Pramuka STAIN Watampone saat mengikuti kegiatan JOTA dengan didampingi pengurus ORARI Daerah Sulsel
RAKYATSATU.COM BONE - Untuk pertama kalinya, Jambore On The Air (JOTA)  memancar dan terdengar di Kabupaten Bone, tepatnya di Racana Al Balad Gudep 22.045 - 22. 046, pangkalan STAIN Watampone, Jumat - Minggu (20 - 22 Oktober 2017). Sejak ada Pelaksanaan JOTA dan Jamboree On The Internet (JOTI) ini merupakan pertama kalinya ada anggota Pramuka di Gugus depan (Gudep) dalam naungan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bone yang mengikuti kegiatan (giat) tersebut di Bumi Arung Palakka.

Keikutsertaan Pramuka Racana Al Balad STAIN Watampone, tidak terlepas dari peran aktif Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Sulsel. 

Pimpinan Sangga Racana Al Balad STAIN Watampone, Rahmat Darmawan mengatakan bahwa keikutsertaan anggota Pramuka STAIN Watampone berkat bimbingan dan arahan ORARI Daerah Sulsel (YB8ZA). Bahkan ia mengakui kalau perangkat radio 40 meter band dan 80 meter band, antena, power dan perangkat lainnya adalah milik anggota ORARI Daerah Sulsel.

"Ini pertama kalinya kami mengikuti kegiatan ini (JOTA-red). Padahal kegiatan ini sudah 80 tahun dilaksanakan. Terima kasih ORARI Daerah Sulsel. Berkat arahan dan bimbinganmu, kami semua dapat mengikuti dan menikmati yang namanya JOTA," ujar Rahmat Darmawan, Minggu (22/10).

Sedangkan Andi Yauri (YC8AO), salah seorang pengurus ORARI Daerah Sulsel Bagian Diklat dan Pembinaan ORARI Daerah Sulsel yang ikut membimbing dan mendampingi anggota Pramuka STAIN Watampone bersama Wakil Sekretaris Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Sulsel, H Mansyur Harun (YB8CMK) mengatakan bahwa kegiatan JOTA pertama kali diselenggarakan dalam rangka 50 tahun Gerakan Kepanduan Dunia pada tahun 1957, dan dirancang oleh seorang amatir radio berkebangsaan Inggris dengan callsign G3BHK.

Sementara itu Wakil Sekretaris Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Sulsel, H Mansyur Harun (YB8CMK) mengatakan bahwa
JOTA-JOTI adalah acara Pramuka terbesar di dunia dengan lebih dari 1 juta Pramuka berpartisipasi di 150 + negara.

Acara ini diselenggarakan akhir pekan ketiga Oktober -  20, 21 dan 22 Oktober 2017- Celebrating 60 Tahun Menghubungkan Pramuka. Ini adalah resmi Organisasi Dunia website Gerakan Pramuka untuk JOTA-JOTI. (Rasul)


Komentar

Tampilkan

  • ORARI Daerah Sulsel Dampingi Pramuka STAIN Bone di Giat JOTA 2017
  • 0

Terkini

Iklan